Kamis, 28 Juni 2012

Mari bebaskan bahan kimia di tubuh kita


STOP.... MENCEMARI  TUBUH  KITA !!!!!  BEBASKAN  KITA  DARI  BAHAN  KIMIA !!!!!



Saat ini banyak sekali jenis sabun, shampo yang  beredar di pasaran, ada yang produk herbal dan non herbal. Kebanyakan konsumen tidak tahu bahwa dalam pembuatan sabun dan shampo ternyata hamper 99% menggunakan NaOH dan KOH sebagai bahan dasar pembuatan sabun. Banyak masyarakat belum tahun bahaya dari Natrium Hydroxide (NaOH) / Sodium Hydroxide / lye / caustic soda / soda api,  Larutan natrium hidroksida akan meninggalkan noda kuning pada kain dan kertas dan potassium hydroxide (KOH). Selalu memasukkan NaOH ke dalam air (dengan pelan) dan bukan sebaliknya. Jika Anda melakukan sebaliknya, akanmengakibatkan letupan yang sangat berbahaya bagi kulit dan mata. Sabun mandi saat ini yang dijual di pasaran sebenarnya bukan benar ± benar sabun, mungkinlebih tepat disebut detergent bar. Komposisi bahan yang dipakai bukan seperti komposisi bahan yang dipakai dalam pembuatan sabun natural, namun menggunakan bahan pembuatandetergent (semisal SLS, Sodium Lauryl Sulphate), agen pembusa dan bahan ± bahan semacamEDTA (pengawet) lainnya.

Memang bahaya yang dirasakan tidak langsung dirasakan bagi pengguna sabun/shampoo tersebut, namun dalam penggunaan jangka panjang tentu bukan manfaat yang didapatkan, namun bencana yang dirasaka, yaitu diantaranya gatal-gatal, kulit terasa kering, mempercepat penuaan kulit, elastisitas dan kekebalan kulit menjadi menurun sehingga lama kelamaan bisa mengakibatkan kanker kulit. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian….. Negara-negara maju sudah mengubah imej bahwa produk dari herbal (alami) 100% lebih berkualitas, bermanfaat dan tidak menimbulkan efek samping jangka pendek maupun jangka panjang daripada penggunaan bahan-bahan kimia yang sudah jelas tidak akan bermanfaat bagi kesehatan kulit kita apalagi bisa menimbulka berbagai penyakit kulit. Hal inilah yang memicu saya untuk memberikan informasi ke masyarakat sekaligus mensosialisasikan pembuatan sabun dan shampoo bisa 100% dari herbal (alami) sehingga kita terbebas dari bahan-bahan kimia yang sama sekali tidak bermanfaat.

Penelitan-penelitian dan pembuatan sabun/shampoo sendiri sudah saya lakukan, namun sementara saya menggunakan untuk keperluan sendiri dan keluarga. Manfaat yang didapatkan adalah kita tidak merasakan kering, panas, namun yang kita rasakan kulit semakin halus dan tidak perlu lagi menggunkan hand body lotion, karena kulit sudah lembab.Hal yang terpenting adalah kita tenang dan merasa nyaman karena tidak ada yang perlu ditakutkan dalam penggunaan jangka panjang ke  kulit kita.

Bahan-bahan dalam pembuatan sabun alami (herbal) 100% adalah: lemak nabati, seperti minyak zaitun, minyakkelapa, minyak sawit, minyak kedelai dan lain ± lain. Setiap minyak mempunyai sifat dankarakter masing ± masing, misalnya minyak zaitun cenderung membuat sabun menjadilembek, sehingga perlu ditambahkan minyal sawit yang berfungsi mengeraskan sabun.Sedangkan minyak kelapa berfungsi sebagai penghasil busa, ekstrak dari buah-buahan (misalnya alpukat, tomat, wortel, strawberry, jeruk, apel, bengkuang, daun kelor,  coklat, kopi, dll) bisa ditambahi susu/madu. Pemilihan jenis buah dalam pembuatan sabun sangat menentukan aroma dan fungsi sabun bagi kulit kita. Misalnya bengkuang akan memutihkan kulit, alpukat akan melembabkan dan menghaluskan kulit, daun kelor akan merupakan antioksidan dan mengandung vitamin c yang tinggi sehingga akan menghaluskan dan memperbiki fungsi kulit kita, strawberry juga merupakan antioksidan yang akan menyehatkan dan menghaluskan kulit, kopi akan membantu membantu menghilangkan selulit di kulit, dan lain-lain. Semoga dengan tulisan ini akan membuat kita semakin pintar dalam memilih produk-produk yang aman, bermanfaat dan membuat kita semakin sehat dan cantik. Bahan-bahan dalam pembuatan shampoo yang 100% alami (herbal) adalah: lidah buaya, kemiri, santan kelapa asli, dan lainnya.


2 komentar:

  1. Terima kasih..dan sangat bermanfaat bagi saya dan masyarakat.dengan menggunakan bahan alami dari sabu dan shampoo

    BalasHapus